Friday, July 27, 2018

gerhana bulan terlama di abad ini masuk fase total


   Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini Masuk Fase Total

juraganqq - gerhana bulan total paling lama abad ini sudah masuk fase total. fase ini adalah fase bulan masuk ke bayangan gelap umbra bumi.

pantauan detikcom di roof top lantai 13 gedung A kantor BMKG, jalan angkasa 1, gunung sahari, jakarta pusat, sabtu (28/7/2018). bulan sudah masuk ke bayangan umbra bumi secara sempurna sekitar pukul 02:30 WIB.

tampak di langit bulan sudah sepenuhnya tertutup oleh warna merah. di lokasi juga terdengar seruan takbir,tanda umat islam menunuaikan ibadah salat gerhana .

''sudah masuk ke total. jadi semua bayangan bulan sudah di umbranya. semua oiringan bulan masuk ke bayangan inti buni (umbra),'' ujarnya pengamat geofisika potensial dan tanda waktu BMKG,syiroj judin, di lokasi.


tampak di lokasi, langit sudah sepenuhnya berwarna merah gelap. warna gelap ini di sebabkan oleh banyaknya pembiasaan dari polutan yang berada di lapisan atmosfer.

''pembiasaan dari lapisan atmosfer dari partikel - partikel polutan,''jelas syiroj.

seperti di ketahui, gerhana bulan total abad ini adalah gerhana bulan paling lama dalam 100 tahun. fase gerhana bulan total ini akan berlangsung kurang lebih 52 menit sampai menuju fase puncak gerhana bulan,yang di perkirakan akan terjadi pukul 03:22 WIB.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

About